Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Sunday 10 November 2013

5 Hal Yang Harus Diingat Tentang Rezeki


1.    Rezeki datangnya dari Alloh.
Dalam hal ini kita harus meyakini bahwa rezeki datangnya dari Alloh dengan berbagai perantara. Alloh memberi rezeki lewat gaji yang kita terima sebagai seorang karyawan. Alloh memberi rezeki kepada pedagang lewat keuntungan yang didapatkan dalam berjualan.
Dalam Al-Qur’an surat Hud ayat 6, Alloh berfirman, “Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi ini melainkan Alloh-lah yang memberi rezekinya”.

2.    Bersyukur atas apa yang telah Alloh berikan.
Selalu bersyukur atas apa yang telah Alloh berikan kepada kita apapun bentuknya itu. Jika mendapatkan rezeki yang melimpah kita bersyukur, pun ketika mendapatkan rezeki yang tidak melimpah kita wajib bersyukur. Alloh Maha Tahu apa yang yang kita butuhkan. Ketika kita bersyukur atas apa yang telah Alloh berikan maka Alloh akan terus menambah rezeki. Dalam hal ini Alloh berfirman dalam surat Ibrahim ayat 7, “… Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

3.    Terus Berdo’a
Do’a adalah senjata umat Islam. Teruslah berdo’a agar Alloh melancarkan rezeki kita. berdo’alah agar kita mendapatkan rezeki dengan cara yang halal dan berkah. Alloh berfirman dalam surat Ath-Thalaq ayat 2-3, “…Barangsiapa yang bertakwa kepada Alloh niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Alloh niscaya Alloh akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Alloh melaksanakan urusan (yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Alloh telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu”.

4.    Husnudzon
Berbaik sangkalah kepada Alloh bahwa Alloh akan senantiasa mencukupkan rezeki kita. bukankah prasangka Alloh itu sesuai dengan hamba-Nya.

5.    Intropeksi Diri
Bercerminlah dengan kelakuan kita. Apakah kita sudah memantaskan diri untuk mendapatkan limpahan rezeki dari Alloh. Apakah kita sudah patut untuk mendapatkan rezeki yang melimpah. Apakah usaha kita sudah maksimal untuk menjemput rezeki itu. Apakah kita sudah membersihkan diri dengan sedekah atas rezeki yang kita peroleh.


(catatan halaqoh di Sabtu sore, 9 November 2013)

No comments:

Post a Comment