Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Thursday 7 November 2013

Berani Untuk Bijaksana

Di dunia ini banyak orang yang berhasil dalam bidang pendidikan, tapi tidak begitu berhasil dengan kesuksesan ekonominya. Sebaliknya, banyak orang yang gagal dalam pendidikan tapi sukses membangun ekonominya hingga mencapai kemapanan luar biasa. Jadi sebenarnya hal apa yang tidak hadir dalam kasus pertama tapi ada di kasus yang kedua. Hal apa yang hilang sehingga  menyebabkan orang pandai dalam pelajaran tidak sukses dalam hal kesuksesan ekonomi dan hal apa yang menyebabkan orang ysng tidak sukses di pendidikan tapi sukses dalam hal ekonomi.
Ada cerita tentang seorang anak laki-laki yang bertemu dengan seorang Walt Disney. Si anak lelaki itu diberitahu bahwa Walt Disney adalah orang yang paling bijaksana dan cerdas. Si anak itu lalu mendekati Walt Disney dan berkata, “Saya diberitahu bahwa anda adalah orang yang bijaksana dan cerdas di dunia”.
Lalu Walt Disney menjawab, “Aku tidak tahu jika aku adalah orang yang paling cerdas dan bijaksana di dunia, tapi di sini aku akan menceritakan sebuah kisah tentang seorang lelaki bijaksana, dan jika kau mengikuti pesan dari kisah ini maka kau akan menjadi orang yang bijaksana”.
Lalu anak lelaki itu bertanya, “Bagaimana aku tumbuh menjadi orang yang bijaksana seperti anda?” Walt menjawab, “Ada 4 kata yang akan membimbingmu. Lakukan keempat hal tersebut maka engkau akan menjadi orang yang bijaksana”.
Empat kata tersbut adalah
Kata yang pertama adalah BERPIKIR, pikirkan tentang prinsip dan nilai yang engkau yakini.
Lalu kata selanjutnya adalah PERCAYA. Percaya akan dirimu berdasarkan atas prinsip dan nilai yang telah engkau yakini.
Kata yang ketiga adalah BERMIMPI. Bermimpilah tentang apa yang engkau inginkan berdasarkan kepercayaan dirimu yang kuat dan berdasarkan atas pemikiranmu atas prinsip dan nilai yang telah engkau yakini.
Dan kata yang terakhir adalah BERANI. Berani untuk menggapai mimpimu berdasarkan kepercayaan dirimu dan pemikiran atas prinsip dan nilai yang engkau yakini.
Jika engkau tidak berani maka pendidkan dan kualifikasimu tidak akan berguna untuk mengantarkanmu pada kesuksesan.

Berani adalah mengalami hal yang engkau pelajari.
Berani adalah mewujudkan kata-kata menjadi kenyataan.
Berani adalah mengambil resiko untuk mengekspos dirimu.
Berani adalah hidup.


Diterjemahkan secara bebas dari tulisan Billi Lim

No comments:

Post a Comment