Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Saturday 1 March 2014

Jangan Galau Walau Tak Jadi PNS

Sekarang ini banyak yang galau karena tidak lulus tes CPNS. Bentuk kegalauan mereka yang tidak lulus tes itu bermaca-macam. Dari yang mulai marah-marah, frustasi, depresi, dan banyak lagi.
Cerita yang saya dengar dari seorang honorer K2 (honorer yang minimal bekerja dari semenjak tahun 2005) yang gagal lulus tes CPNS adalah keluar dari sekolah tempat dia mengajar. Ternyata dia telah menyerah dalam perjalanan dia menuju PNS.
Bentuk kekecewaan yang lain adalah marah-marah di sosmed. Dengan status-statusnya yang mengguratkan kekecewaan dia bahwa proses penentuan kelulusan ini tidak adil. Banyak anak atau kerabat seorang pejabat yang dengan mudahnya lulus menjadi PNS padahal tidak memiliki kualifikasi ataupun kemampuan. Sistem ini memang bobrok dan sayangnya kita belum mempunyai daya kekuatan untuk membenahi sistem yang sudah kadung bobrok ini.
Daripada galau gagal lulus tes CPNS, yuk kita gali lagi kemampuan luar biasa yang bisa jadi belum kita lahirkan dari dalam diri kita. Banyak hal yang bisa kita lakukan tanpa menjadi PNS. Bisa jadi tanpa menjadi PNS kita lebih berprestasi.
Rezeki kita sudah ada, utuh dan lengkap. Tidak akan tertukar. Jemputlah rezeki kita dengan niat dan cara yang Allah sukai. Insya Allah apa yang kita dapatkan akan cukup dan menjadi berkah. Wallahu’alam …^_^…

No comments:

Post a Comment