Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Wednesday 22 October 2014

Hidup Tak Serumit Statistika Terapan



Sebenernya hidup itu gak rumit-rumit banget. Cuman kadang-kadang emang manusianya aja yang bikin ribet. Yah, kita sebagai manusia seneng banget kayanya bikin ribet hidup sendiri. Confucious pernah ngomong gini, "Life is really simple, but we insist on making it complicated". Terjemahannya kurang lebih gini, hidup itu bener-bener simpel (mudah), cuman kita suka maksa buat bikin hidup kita rumit atau ribet.

Jadi sebenernya hidup ini ibarat pelajaran statistika yang njilmet itu. Pelajaran statistika emang uedan susahnya (itu menurut saya yang emang mikir kalo pelajaran ini emang nyebelin trus mikir kenapa sih musti ada mata kuliah statistika terapan), tetapi sesusah-susahnya pelajaran pasti bisa kita taklukan kalau kita belajar. Nah begitu juga ama hidup. Sulit dan rumitnya kehidupan bisa kita taklukan kalau kita mau belajar. Yah belajar dari kehidupan itu sendiri. Belajar supaya gak sirikan s ama orang lain. Tau kan ciri-cirinya orang yang punya kedengkian dalam hatinya? Yup bener banget orang yang punya sifat iri dengki itu seneng liat orang susah dan susah liat orang seneng. Nah kalo kita gak bisa belajar mengalahkan hawa nafsu berupa sifat dengki ini gimana kita mau seneng dalam hidup kita. Liat orang bahagia kita malah sedih, liat orang sedih kita malah bahagia. Kesannya kita mirip banget sama karakter orang jahat yang ada di sinetron-sinetron geje itu. 

Terus yang nambah ribet hidup itu, kadang kita sibuk banget, sibuk mengkritik orang lain, sibuk cari-car kesalahan orang lain sampe-sampe kita lupa ama keburukan kita sendiri, kita lupa untuk mengkritik diri sendiri, kita lupa memperbaiki diri. Nah jadi makin ribet aja kan hidup kita, udah mah punya sifat dengki eh ditambah hobi ngoleksi kesalahan orang lain.

Dan nambah lagi deh kerumitan hidup kita kalau dikaitkan sama yang namanya rezeki. Waduh kalo udah ngomongin rezeki, beneran dah ribet bahasnya. Coba aja pikirin tentang rezeki yang rasanya gak cukup banget atau nyangka Allah gak ngasih rezeki-Nya buat kita. Kesannya kita songong banget yah berburuk sangka sama Allah. Tapi yah emang gitu sih kayanya (atau cuman saya sendiri yah yang suka songong soal rezeki). Kadang kita merasa gak cukup padahal sebenernya rezeki kita udah ada, utuh, lengkap dan gak akan tertukar. Tinggal kita jemput aja dengan niat dan cara yang Allah seneng. Nah insya Allah, kalau Allah seneng dengan cara kita jemput rezekinya, yah bakalan cukup dan berkah lah rezeki yang kita dapet. Cuman persoalannya kita sanggup gak ambil rezekinya dengan cara yang Allah sukai. Kalau kita merasa selalu kekurangan dengan rezeki kita berarti ada masalah dengan cara kita menjemput rezeki kita. Bisa jadi Allah tidak suka dengan cara kita mengambil rezeki kita.

Semoga kita bisa mempelajari hidup kita biar gak dapet nilai C, D atau bahkan E dalam ujian kelak. Kalo bisa sih dapet nilai A atau minimal juga dapet nilai B deh.


*efek baru selesei UTS matkul Statistika Terapan dan masih pusing tujuh keliling sampe sekarang.... entahlah bagaimana nasib saya di UAS kelak...hanya bisa berdo'a..."Ya Allah...selamatkanlah saya dari kekejaman Statistika Terapan..Aamiiin...

No comments:

Post a Comment