Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Thursday 6 November 2014

Anak Narsistik


pic source: livestrong.com

Dalam artikel yang berjudul Narcissistic Children Symptoms dijelaskan bahwa anak yang narsis percaya bahwa dirinya memiliki bakat yang istimewa dan tingkat intelegensi yang tinggi. Hal ini menandakan tingkat keangkuhan yang dimiliki oleh anak-anak narsis. Dia tidak menganggap orang lain penting dan mengungkapkan tidak ada empati atau kehangatan yang mereka miliki, karena pandangan terdistorsinya. Dia menganggap dunia berkeliling di sekitarnya dan dia merasa sangat hebat karena keunikan yang dimilikinya. Anak narsistik tidak bisa mentoleransi kegagalan, maka mereka akan menghindari aktivitas atau sesuatu yang tidak bisa membuatnya bersinar. Jika mereka tidak mendapatkan pujian dari apa yang mereka kerjakan maka mereka akan berhenti mencoba dan melakukannya.
Anak narsistik percaya dengan superioritas yang dimilikinya, oleh karena itu mereka sulit untuk mengakui bahwa mereka salah. Mereka selalu abai atas tanggung jawab dan jika menyakiti perasaan orang lain mereka tidak akan merasa menyesal. Jika anak narsistik terlibat dalam permainan mereka akan memaksa untuk menjadi orang pertama yang bermain dan tidak segan-segan untuk merubah peraturan agar sesuai dengan apa yang diinginkannya. Mereka akan marah jika ada seseorang yang mengalahkannya dalam permainan dan akan berhenti bermain jika mereka merasa bahwa mereka tidak akan bisa memenangkan permainan.
Anak narsistik akan berani mengatakan kebohongan agar dia tidak terlibat dengan masalah. Alih-alih mengakui kesalahan yang mereka perbuat, mereka akan menyalahkan orang lain atas kesalahan tersebut. Dalam fantasinya, anak narsistik memiliki kekuatan sadis untuk menyakiti atau merendahkan orang lain. Anak narsistik seringkali mengkritik anak lain dan memerintah hal yang tidak realistik kepada anak lain untuk dilakukan. Bagi anak narsistik, peraturan itu tidak berlaku untuk mereka.

No comments:

Post a Comment