Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Monday, 13 July 2015

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca di Tingkat Sekolah Dasar

(1) Posisi sosial-ekonomi orangtua mempengaruhi pencapaian literasi membaca siswa. Biasanya siswa yang berasal dari keluarga dengan jumlah anak satu atau dua akan memiliki tingkat pencapaian literasi yang lebih baik, mereka memiliki banyak buku dan tingkat pendidikan orangtua yang baik.

(2) Literasi membaca siswa dipengaruhi oleh kolaborasi antara anak dan orangtua di usia pre-school, kolaborasi yang penting setelah usia 10 tahun adalah pergi bersama mengunjungi toko buku atau perpustakaan.

(3) Membaca komik tidak termasuk faktor yang meningkatkan literasi membaca siswa.

(4) Pencapaian literasi yang lebih baik diperlihatkan oleh siswa yang membaca buku yang bervariasi, puisi, buku-buku fiksi atau permainan di sekolah setidaknya satu kali dalam seminggu.

sumber: Factors Influencing Reading Literacy at the Primary School Level (Andrejs Geske & Antra Ozola)


No comments:

Post a Comment