(1) Posisi sosial-ekonomi orangtua
mempengaruhi pencapaian literasi membaca siswa. Biasanya siswa yang berasal
dari keluarga dengan jumlah anak satu atau dua akan memiliki tingkat pencapaian
literasi yang lebih baik, mereka memiliki banyak buku dan tingkat pendidikan
orangtua yang baik.
(2) Literasi membaca siswa dipengaruhi
oleh kolaborasi antara anak dan orangtua di usia pre-school, kolaborasi yang
penting setelah usia 10 tahun adalah pergi bersama mengunjungi toko buku atau
perpustakaan.
(3) Membaca komik tidak termasuk faktor
yang meningkatkan literasi membaca siswa.
(4) Pencapaian literasi yang lebih baik
diperlihatkan oleh siswa yang membaca buku yang bervariasi, puisi, buku-buku
fiksi atau permainan di sekolah setidaknya satu kali dalam seminggu.
sumber: Factors Influencing Reading Literacy at
the Primary School Level (Andrejs Geske & Antra Ozola)
No comments:
Post a Comment