Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Monday 13 July 2015

Karakter: Mampu Bekerjasama

Orang yang mampu bekerja sama sepanjang sejarah telah membuat perbedaan yang signifikan di dunia. Mereka memahami bahwa kekuatan banyak orang yang bekerja bersama-sama dapat menjadi besar. Orang yang kooperatif  fokus pada tujuan bersama daripada perbedaan individu.
Apakah
kamu mapu bekerjasama dengan teman-teman atau keluarga?
Ketika orang-orang bekerja sama, mereka dapat mencapai hal-hal besar. Bekerja secara terpisah, mereka mungkin memiliki sedikit kekuasaan atau sumber daya, tetapi jika bersama-sama mereka dapat mencapai banyak lagi.
Orang
yang kooperatif akan memahami hal ini. Mereka mampu bekerja dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama mengharuskan kamu untuk mengabaikan egomu dan menemukan cara untuk bekerja dengan orang lain. Kurangnya kerjasama sering menyebabkan masalah dan argumentasi.

Apakah kamu lebih suka bersikap kooperatif dan bergaul dengan orang-orang atau menjadi tidak kooperatif dan berselisih dengan orang lain?

Awak Apollo 13 memiliki beberapa tantangan serius. Sebuah ledakan di ruang angkasa akan mengakibatkan hilangnya oksigen, air, listrik, dan sistem propulsi kru yang dibutuhkan untuk kembali ke Bumi. Bekerja dengan ratusan insinyur dan ilmuwan untuk kembali di Bumi, para kru harus berebut untuk bertahan hidup. Tetap tenang di bawah tekanan yang luar biasa, para astronot pindah ke modul keluar. Orang – orang baik di NASA maupun astronot di ruang angkasa bekerjasama untuk menaklukkan serangkaian masalah tidak pernah ditemukan sebelumnya.
Negara-negara Eropa memutuskan pada tahun 1993 untuk mendirikan Uni Eropa. Persatuan 25 negara merdeka didirikan pada kerjasama politik, ekonomi, dan sosial. Negara-negara yang terlibat berkomitmen untuk bekerja sama untuk perdamaian dan kemakmuran, dibandingkan bekerja secara terpisah.
Kerjasama dapat terjadi di antara segelintir orang atau di antara bangsa-bangsa.
Hal ini terjadi ketika orang-orang menyadari bahwa bekerja bersama-sama bisa mendapatkan yang lebih daripada bekerja secara terpisah. Orang yang kooperatif melihat manfaat lebih dalam bekerja dengan orang lain. Selain itu, mereka mungkin lebih mampu untuk berkompromi.

Latihan Bekerjasama
Pilih sebuah proyek yang melibatkan orang lain baik dalam keluarga atau di sekolahmu. Jangan berpikir tentang dirimu. Sebaliknya, pikirkan tentang bagaimana kamu bisa membantu orang untuk mencapai tujuan. Jika seseorang meminta kamu untuk membantu, lakukan. Fokus untuk menyelesaikan pekerjaan dan bekerjasamalah dengan orang lain.

Contoh Sikap Bekerjasama
Ketika Linus Torvalds masij jadiseorang mahasiswa, ia memulai sebuah kelompok diskusi internet untuk membangun sebuah sistem operasi komputer gratis. Dia ingin membangun sebuah sistem dengan kerjasama dari banyak individu. Tujuannya adalah untuk membuat kode untuk sistem yang tersedia secara bebas untuk semua. Sistem yang dihasilkan, Linux, tumbuh melalui upaya ribuan orang yang mengambil kode dasar dan menambahkan kontribusi mereka sendiri untuk itu.
Millard Fuller dan istrinya, Linda, mendirikan Habitat for Humanity International. Kelompok ini menyatukan anggota masyarakat untuk membangun perumahan bagi masyarakat miskin. Keluarga pemilik rumah diharapkan untuk bekerja bersama relawan untuk membangun rumah mereka. Model kerja sama untuk membangun perumahan yang terjangkau bagi masyarakat miskin telah menyebar di seluruh dunia.

Sumber: Young Person's Character Education Handbook

  

No comments:

Post a Comment