بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Monday, 13 July 2015

Karakter: Berhati-hati

Berhati-hati maksudnya itu adalah bahwa kamu bertindak hati-hati dalam mengambil resiko mempercayai orang lain. Kamu berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak. Kamu tidak menbahayakan diri sendiri atau melakukan perbuatan yang tidak aman.

Berhati-hati adalah karakter yang rumit. Jika terlalu berlebihan, kamu akan merasa ketakutan dalam berbuat hal yang baru atau mempercayai orang lain. Jika terlalu sedikit, maka kamu akan menempatkan dirimu dalam situasi yang berbahaya, lagi dan lagi. Kamu harus mencoba untuk menyeimbangkan tindakanmu dengan keberanian dan kepercayaan. Apakah kamu berhati-hati dengan apa yang kamu lakukan?

Orang yang berhati-hati memikirkan konsekuansi dari tindakan mereka sebelum mereka bertindak. Mereka menimbang baik dan buruknya dari berbagai pilihan. Mereka tidak mdah dibodohi oleh orang yang tidak jujur. Mereka berhati-hati dalam situasi yang berbahaya. Berhati-hati artinya kamu mengambil kesempatan untuk berpikir. Kamu tidak berasumsi secara berlebihan. Sikap kehati-hatian akan membantu bagi setiap orang. Tapi kehati-hatian tanpa keberanian akan membuatmu takut untuk bertindak. Berhati-hati adalah ciri karakter yang seharusnya digunakan dengan tidak berlebihan.

Latihan Untuk Bersikap Hati-hati
Cobalah untuk berpikir tentang tindakanmu sepanjang hari sebelum kamu bertindak. Buat daftar pro dan kontra. Cek fakta-fakta sebelum kamu melakukan apapun. Jangan malakukan janji apapun sampai kamu memikirkan pilihanmu.

Bagaimana harimu berlangsung? Apakah kamu menghindari beberapa masalah dengan lebih berhati-hati dari biasanya? Apakah kamu melewatkan beberapa kesempatan karena kamu berpikir terlalu lama? Jika kamu bisa menulis sebuah kalimat nasihat untuk orang lain tentang berhati-berhati, apa itu?

Tokoh Yang Memiliki Sikap Hati-hati
Susan Butcher adalah juara peluncur anjing yang telah memenangkan perlombaan Iditarod sebanyak tiga kali. Perlombaan dengan jarak 1,152 mil yang melintasi Alaska yang dingin adalah perlombaan yang menantang. “Kamu tidak boleh hanya memikirkan diri sendiri dalam dedikasimu untuk anjing-anjingmu. Ketika kamu sampai di tempat cekpoin, meskipun kamu memiliki kesempatan untuk menghangatkan kakimu, tinggalah di luar; perhatikan anjing-anjingmu, biarkan mereka istirahat dan beri makan mereka. Hal tersebut akan memakan waktu tiga jam. Setelah itu, kamu bisa pergi dan beristirahat di dalam selama 15 menit, “ ujar Butcher. Walaupun perlomabaan itu memerlukan keberanian, perlu juga berhati-hati untuk meyakinkan bahwa anjing-anjing tersebut diperhatikan.

Erik Weihenmeyer adalah satu dari sedikit orang yang berhasil mendaki gunung Everest. Dia berhasil dan yang semakin mengagumkan adalah kenyataan bahwa dia buta. Erik harus berhati-hati dalam banyak hal untuk mempersiapkan diri mendaki. “(aku) hanya meletakkan satu langkah di depan dan berusaha untuk tetap berpikir dengan jelas dan fokus, karena aku tahu ini bukan tempatnya untuk berbuat kesalahan.”

Keuntungan Memiliki Sikap Hati-Hati
(1) Terhindar dari situasi berbahaya.
(2) Mengumpulkan semua fakta dan membuat keputusan tepat, yang mendapatkan respek dari orang lain.
(3) Menghindar dimanfaatkan oleh orang lain.
(4) Percaya terhadap pilihannya.

Sumber: Young Person's Character Education Handbook

No comments:

Post a Comment