Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Monday 13 July 2015

Karakter: Peduli

Peduli artinya merasakan suatu ketertarikan atau kasih sayang terhadap seseorang atau sesuatu. Kepedulian terhadap seseorang akan mudah dilakukan ketika mereka dekat denganmu. Kepedulian terhadap orangtua atau temanmu adalah sesuatu yang wajar. Tetapi bolehkah kamu memberikan perhatian kepada orang-orang yang tidak kamu kenal? Apakah kamu peduli jika orang-orang di seluruh dunia ini bahagia atau sedih? Orang yang peduli merasakan perhatian kepada orang lain walaupun mereka kenal ataupun tidak. Mereka bisa juga peduli terhadap persoalan, atau hewan-hewan, atau lingkungan. Terkadang sulit bagi mereka untuk membatasi kepedulian mereka karena memang terbiasa kepedulian terhadap orang atau hal lain.

Apakah kamu orang yang peduli?

Apa artinya menjadi orang yang peduli itu?

Kepedulian adalah sesuatu yang kebanyakan orang lakukan dalam tindakan sederhana setiap hari. Seorang teman memiliki masalah, lalu kita mendengarkan dan memberinya nasihat. Kita memelihara hewan peliharaan dengan memberinya makan dan kasih sayang. Kita peduli apakah teman kita melakukan permainan sekolah dengan baik. Kita peduli kepada orang-orang. Kamu akan menemukan orang-orang yang peduli di dalam pekerjaan dan tempat-tempat. Bagaimanapun, beberapa orang terlihat lebih peduli daripada lainnya. Mereka tidak hanya memedulikan orang-orang yang mereka kenal saja. orang-orang ini mungkin akan menjadi perawat atau dokter hewan atau pendeta. Mereka suka menolong banyak orang dan mungkin melakukannya sebagai pekerjaan.

Latihan Untuk Menjadi Orang Yang Peduli
Lihat contoh bagaimana orang-orang peduli terhadap orang lain. Tanya orang-orang tersebut mengapa mereka peduli terhadap orang lain. Apakah hal tersebut membuat mereka senang? Apakah mereka mengharapkan hadiah atau pujian? Apakah mereka merasa bersalah jika mereka tidak peduli pada orang lain? Buat daftar jawaban mereka. Lalu putuskan alasan yang sama dengan alasanmu untuk peduli.
Apakah kamu menemukan orang-orang yang menunjukkan perhatian pada orang lain ketika mereka seharusnya mengerjakan hal lain? Tidak ada orang yang bisa memberikan perhatian selama 24 jam sehari. Terkadang kita harus membuat diri kita untuk peduli pada orang lain. Tetapi, tindakan kita membuat kita menjadi orang yang peduli dalam pandangan diri kita maupun orang lain.

Tokoh Yang Memiliki Sifat Peduli
Paul Newman, seorang actor, memulai sebuah korporasi yang membuat makanan seperti popcorn dan dressing salad. Newman mendonasikan semua royalty yang dia dapatkan untuk amal. Dia memberikan lebih dari $150 juta untuk pendidikan dan kelompok amal. Dia mendirikan The Hole di Wall Gang Camp, dimana anak-anak berpenyakit parah bisa berobat.

Keuntungan Menjadi Orang Yang Peduli
(1) Orang yang peduli akan merasakan kebahagian.
(2) Orang yang peduli akan mendapatkan balasan yang baik.
(3) Orang yang peduli membuat komunitas mereka menjadi tempat yang lebih baik untuk hidup.
(4) Orang yang peduli memiliki teman yang banyak dalam hidupnya. 

Sumber: Young Person's Character Education Handbook

No comments:

Post a Comment