بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Monday, 13 July 2015

Karakter: Pengasih

Orang yang pengasih akan memiliki perasaan mendalam terhadap orang lain. Mereka merasa sedih ketika orang lain sakit atau tidak bahagia. Orang yang penuh kasih sering memilih karir di mana mereka bisa mengurus orang lain, seperti perawat kesehatan atau pekerja sosial.
Ketika kamu melihat seseorang yang menderita, apa yang kamu rasakan?

Jika Anda melihat seseorang yang sakit, sedih, atau marah, apakah kamu marah, juga? Apakah kamu memikirkan cara-cara agar kamu dapat membantu orang itu? Jika demikian, kamu mungkin seorang yang pengasih. Orang yang penuh kasih tidak hanya peduli tentang orang lain, tetapi biasanya melakukan hal-hal untuk membantu mereka.
Mungkin orang yang penuh kasih dapat menempatkan diri dalam posisi orang lain dan mungkin bisa lebih mudah merasakan apa yang dirasakan orang lain itu. Kamu mungkin lebih berbelas kasih terhadap orang-orang yang berada dalam situasi yang pernah kamu alami. kamu mengidentifikasi dengan perasaan mereka karena kamu juga memiliki perasaan yang sama.
Konvensi Jenewa adalah serangkaian perjanjian antar negara. Perjanjian tersebut, dibuat di Jenewa, Swiss, menetapkan hukum internasional mengenai perlakuan orang selama perang. Perjanjian ini adalah kesepakatan antar negara tentang pengobatan orang yang terluka di medan perang, perlakuan terhadap tawanan perang, dan pengobatan warga sipil selama perang. Konvensi Jenewa merupakan upaya oleh beberapa negara untuk menunjukkan kasih sayang dan memberikan perlakuan yang manusiawi.

Latihan Menjadi Orang Yang Pengasih
Sekarang cobalah untuk fokus pada satu orang yang tampaknya tidak bahagia. Temukan cara untuk memahami rasa sakit orang itu dan bersimpati dengan dia. Tunjukkan belas kasihan kepada orang itu dengan membantu atau meyakinkannya. Bahkan jika orang ini bukan teman dekat, kamu dapat menemukan cara untuk peduli padanya hanya karena dia kesakitan?

Tokoh Dalam Sikap Pengasih
Jong-Wook Lee adalah seorang dokter Korea yang telah bekerja selama bertahun-tahun untuk membantu mengatasi masalah kesehatan puluhan ribu jiwa masyarakat. Dia mempelajari bidang di mana penyakit menyerang banyak orang. Bidang ini disebut kesehatan masyarakat. Dia membuat komitmen untuk mendapatkan sebanyak mungkin pengobatan untuk 40 juta orang yang terinfeksi AIDS di seluruh dunia.

Sumber: Young Person's Character Education Handbook

No comments:

Post a Comment