Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Monday 13 July 2015

Karakter: Perhatian

Perhatian itu artinya memikirkan orang lain - perasaan dan kesejahteraan mereka. Orang perhatian tidak hanya memikirkan perasaan orang lain, tetapi mereka juga bertindak untuk kepentingan orang lain.
Apakah ada orang yang
memperhatikan perasaanmu? Bagaimana mereka membuat mu merasakannya?
Ketika kamu membuat keputusan, apakah kamu mempertimbangkan orang lain yang terlibat? Apakah kamu mengambil tindakan berdasarkan pada bagaimana kamu akan mempengaruhi orang lain? Atau apakah kamu hanya memikirkan perasaanmu?
Orang yang perhatian meluangkan waktunya untuk berpikir tentang bagaimana kata-kata atau tindakan atau sikapnya mempengaruhi perasaan orang lain. Mereka mungkin memilih karier didasarkan pada bagaimana pekerjaan mereka dapat mempengaruhi orang lain.
Ketika kamu menjalani hari mu, seberapa sering kamu berpikir tentang apa yang orang lain pikirkan dan rasakan? Apakah kamu adalah orang yang perhatian?
Orang yang perhatian biasanya menghormati orang lain dan percaya bahwa mereka berhak atas perlakuan yang baik. Apakah hasil perhatian dalam bentuk kesopanan sederhana atau membantu seluruh masyarakat untuk mencapai tujuannya, itu adalah bagian penting dari cara kita memperlakukan orang lain.

Beberapa negara atau kelompok orang menolak untuk melakukan bisnis dengan negara-negara yang mempekerjakan pekerja anak. Orang yang tidak setuju untuk berkontribusi pada penganiayaan anak akan memboikot (menolak untuk melakukan perjanjian) negara-negara ini. Mereka menunjukkan perhatian mereka untuk anak-anak melalui tindakan-tindakan ini.
Perhatian berarti memikirkan orang lain. Apakah itu berarti kamu bertindak dengan cara yang sangat sopan dan baik atau kamu mengambil sikap untuk melindungi orang lain, itu adalah tindakan yang penting untuk memikirkan tentang orang lain. Siapa yang kamu perhatikan?

Latihan Menjadi Orang Yang Perhatian
(1) Pikirkan tentang bagaimana perasaan orang lain sebelum kamu bertindak.
(2) Jangan melakukan apa pun untuk orang lain yang kamu tidak ingin mereka lakukan untuk Anda.
(3) Lakukan hal-hal yang akan membuat orang lain merasa lebih baik.
(4) Pikirkan tentang konsekuensi dari tindakan kamu.

Keuntungan Menjadi Orang Yang Perhatian
(1) orang yang perhatian berpikir tentang perasaan orang lain. Akibatnya, mereka melakukan hal-hal yang membuat orang lain merasa lebih baik.
(2) orang perhatian mengesankan orang lain dengan kebaikan mereka.
(3) orang Perhatian menyebabkan orang lain menjadi lebih perhatian dari mereka.
(4) Menjadi perhatian membantu kamu untuk menghindari konflik karena kamu telah mengantisipasi perasaan dan kekhawatiran orang lain.

Sumber: Young Person's Character Education Handbook



No comments:

Post a Comment