Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Tuesday 15 September 2015

50 Karakter (Bagian 1)

1. Peduli
Peduli artinya merasakan suatu ketertarikan atau kasih sayang terhadap seseorang atau sesuatu. Kepedulian terhadap seseorang akan mudah dilakukan ketika mereka dekat denganmu. Kepedulian terhadap orangtua atau temanmu adalah sesuatu yang wajar. Tetapi bolehkah kamu memberikan perhatian kepada orang-orang yang tidak kamu kenal?
Kepedulian adalah sesuatu yang kebanyakan orang lakukan dalam tindakan sederhana setiap hari. Seorang teman memiliki masalah, lalu kita mendengarkan dan memberinya nasihat. Kita memelihara hewan peliharaan dengan memberinya makan dan kasih sayang. Kita peduli apakah teman kita melakukan permainan sekolah dengan baik. Kita peduli kepada orang-orang. Kamu akan menemukan orang-orang yang peduli di dalam pekerjaan dan tempat-tempat. Bagaimanapun, beberapa orang terlihat lebih peduli daripada lainnya. Mereka tidak hanya memedulikan orang-orang yang mereka kenal saja. orang-orang ini mungkin akan menjadi perawat atau dokter hewan atau pendeta. Mereka suka menolong banyak orang dan mungkin melakukannya sebagai pekerjaan.

Manfaat dari karakter ini:
·         Orang yang peduli akan merasakan kebahagian.
·         Orang yang peduli akan mendapatkan balasan yang baik.
·         Orang yang peduli membuat komunitas mereka menjadi tempat yang lebih baik untuk hidup.
·         Orang yang peduli memiliki teman yang banyak dalam hidupnya.


2. Berhati-hati
Berhati-hati maksudnya itu adalah bahwa kamu bertindak hati-hati dalam mengambil resiko mempercayai orang lain. Kamu berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak. Kamu tidak menbahayakan diri sendiri atau melakukan perbuatan yang tidak aman.
Berhati-hati adalah karakter yang rumit. Jika terlalu berlebihan, kamu akan merasa ketakutan dalam berbuat hal yang baru atau mempercayai orang lain. Jika terlalu sedikit, maka kamu akan menempatkan dirimu dalam situasi yang berbahaya, lagi dan lagi. Kamu harus mencoba untuk menyeimbangkan tindakanmu dengan keberanian dan kepercayaan.
Orang yang berhati-hati memikirkan konsekuansi dari tindakan mereka sebelum mereka bertindak. Mereka menimbang baik dan buruknya dari berbagai pilihan. Mereka tidak mdah dibodohi oleh orang yang tidak jujur. Mereka berhati-hati dalam situasi yang berbahaya. Berhati-hati artinya kamu mengambil kesempatan untuk berpikir. Kamu tidak berasumsi secara berlebihan. Sikap kehati-hatian akan membantu bagi setiap orang. Tapi kehati-hatian tanpa keberanian akan membuatmu takut untuk bertindak. Berhati-hati adalah ciri karakter yang seharusnya digunakan dengan tidak berlebihan.

Manfaat dari karakter ini:
Orang yang berhati-hati akan mendapatkan banyak keuntungan. Contohnya, mereka bisa,
·         Terhindar dari situasi berbahaya.
·      Mengumpulkan semua fakta dan membuat keputusan tepat, yang mendapatkan respek dari orang lain.
·         Menghindar dimanfaatkan oleh orang lain.
·         Percaya terhadap pilihannya.

3. Pengasih
Orang yang pengasih akan memiliki perasaan mendalam terhadap orang lain. Mereka merasa sedih ketika orang lain sakit atau tidak bahagia. Orang yang penuh kasih sering memilih karir di mana mereka bisa mengurus orang lain, seperti perawat kesehatan atau pekerja sosial. Mungkin orang yang penuh kasih dapat menempatkan diri dalam posisi orang lain dan mungkin bisa lebih mudah merasakan apa yang dirasakan orang lain itu. Kamu mungkin lebih berbelas kasih terhadap orang-orang yang berada dalam situasi yang pernah kamu alami. kamu mengidentifikasi dengan perasaan mereka karena kamu juga memiliki perasaan yang sama.

Manfaat dari karakter ini:
Orang-orang mengagumi kamu yang menunjukkan kepedulian terhadap orang lain.
Kamu mungkin menemukan pekerjaan sebagai dokter, pekerja sosial, atau aktivis HAM
kasih sayang
kamu menjauhkan kamu dari sikap menyakiti orang lain.
Jika
kamu bertindak atas kasih sayang, maka kamu mengubah dunia menjadi lebih baik.

4. Perhatian
Perhatian itu artinya memikirkan orang lain - perasaan dan kesejahteraan mereka. Orang perhatian tidak hanya memikirkan perasaan orang lain, tetapi mereka juga bertindak untuk kepentingan orang lain.
Orang yang perhatian meluangkan waktunya untuk berpikir tentang bagaimana kata-kata atau tindakan atau sikapnya mempengaruhi perasaan orang lain. Mereka mungkin memilih karier didasarkan pada bagaimana pekerjaan mereka dapat mempengaruhi orang lain.

Manfaat dari karakter ini:
orang yang perhatian berpikir tentang perasaan orang lain. Akibatnya, mereka melakukan hal-hal yang membuat orang lain merasa lebih baik.
orang
perhatian mengesankan orang lain dengan kebaikan mereka.
orang Perhatian menyebabkan orang lain menjadi lebih perhatian dari mereka.
Menjadi perhatian membantu
kamu untuk menghindari konflik karena kamu telah mengantisipasi perasaan dan kekhawatiran orang lain.

5. Bekerjasama (Kooperatif)
Orang yang mampu bekerja sama sepanjang sejarah telah membuat perbedaan yang signifikan di dunia. Mereka memahami bahwa kekuatan banyak orang yang bekerja bersama-sama dapat menjadi besar. Orang yang kooperatif  fokus pada tujuan bersama daripada perbedaan individu. Ketika orang-orang bekerja sama, mereka dapat mencapai hal-hal besar.
Bekerja secara terpisah, mereka mungkin memiliki sedikit kekuasaan atau sumber daya, tetapi jika bersama-sama mereka dapat mencapai banyak lagi.
Orang
yang kooperatif akan memahami hal ini. Mereka mampu bekerja dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama mengharuskan kamu untuk mengabaikan egomu dan menemukan cara untuk bekerja dengan orang lain. Kurangnya kerjasama sering menyebabkan masalah dan argumentasi.

Manfaat dari karakter ini:
Orang-orang mengagumi kamu untuk bekerja dengan baik dengan orang lain.
Pada pekerjaan, orang lain melihat
kamu sebagai seseorang yang dapat bekerja sebagai bagian dari tim.
Kamu dapat menjadi bagian dari prestasi besar yang melibatkan upaya banyak orang.
Kamu tidak membuang-buang waktu melawan orang lain, tetapi menemukan cara untuk bekerja sama

6. Berani
            Menjadi berani berarti mampu mengatasi rasa takut. Keberanian adalah sesuatu yang kita semua miliki dalam beberapa ukuran. Seberapa berani kita dan dalam keadaan yang bervariasi. Anda mungkin sangat berani tentang  sesuatu tetapi mengalami kesulitan mengatasi ketakutan Anda terhadap yang lainnya. Apakah Anda berani tentang bepergian ke tempat baru, tempat-tempat aneh tapi takut pada laba-laba? Apakah Anda merasa mudah untuk mencoba olahraga baru tetapi sulit untuk berbicara dengan orang-orang baru? Sangat penting untuk memahami apa yang Anda takuti dan belajar untuk mengendalikan ketakutan Anda.

Manfaat dari karakter ini:
• Menjadi lebih nyaman dengan hadiah kehidupan tantangan dan mengalami sedikit  
   stres.
• Membantu orang lain melalui teladan mereka.
• Menjadi dihormati dan dipercaya untuk berdiri untuk situasi sulit.
• Menerima imbalan uang atau ketenaran karena tindakan berani mereka.

7. Kreatif
Kreativitas ada dalam diri kita semua. Tapi benar-benar orang-orang kreatif membuat kebiasaan datang dengan hal-hal baru dan menarik. Seringkali kita berpikir seniman ketika kita mendengar kata kreatif. Tapi pengusaha datang dengan cara baru untuk memasarkan produk kreatif. Seorang guru yang berpikir cara baru untuk membantu anak-anak belajar kreatif. Seorang juru masak menyusun bahan untuk membuat resep baru yang kreatif.
Kreativitas didefinisikan sebagai membawa sesuatu yang baru menjadi ada. Sesuatu yang baru bisa hampir semua hal: ide, lukisan, karya musik, atau penemuan. Yang penting adalah bahwa hal itu baru dan asli untuk sang pencipta.
Itu tidak berarti bahwa orang-orang kreatif tidak meminjam dan membangun ide-ide orang lain dan bekerja. Mereka melakukan. Musisi sering menulis musik yang ada di bagian berdasarkan sepotong musik, tetapi mereka mengubahnya dalam beberapa cara. Penulis mendapatkan ide dari penulis lain, tetapi mereka menempatkan pemikiran mereka sendiri pada ide-ide.
Untuk menjadi kreatif, Anda harus bersedia untuk mencoba sesuatu yang sama sekali baru. Mencoba sesuatu yang baru berarti Anda harus bersedia mengambil risiko bahwa apa yang Anda buat mungkin tidak berhasil. Orang-orang kreatif menemukan kegembiraan dan kesenangan dalam mengeksplorasi hal-hal baru. Kesenangan yang lebih besar daripada risiko kegagalan.

Manfaat dari karakter ini:
• Anda dapat mendapatkan pengalaman yang tidak dialami orang lain karena hanya
  Anda yang dapat menciptakan pengalaman tersebut.
• Anda mungkin pemecah masalah yang baik jika Anda tidak mendapatkan
  dikalahkan oleh apa, tapi bayangkan apa yang bisa.
• Jika Anda membuat hal-hal, Anda meninggalkan warisan kepada dunia bahwa itu unik.
• Anda mungkin menerima penghargaan atau ketenaran untuk kreasi Anda.
• Di tempat kerja, orang-orang kreatif membantu membuat perubahan produktif
  Dalam cara hal-hal yang dilakukan setiap hari.

8. Tegas
Menjadi tegas dalam bagian berarti mampu membuat keputusan. Orang yang tegas tidak hanya bisa membuat keputusan, tetapi mereka juga dapat membuat keputusan dengan cepat dan di bawah tekanan yang ekstrim. Kemudian mereka menegakkan keputusan tanpa sering berubah pikiran mereka. Orang yang tegas cenderung menjadi pemimpin. Lainnya menghormati kemampuan mereka untuk membuat pilihan dan tetap dengan itu. Kadang-kadang mereka benar, dan kadang-kadang mereka salah. Namun, mereka tidak pernah gagal melalui ragu-ragu untuk membuat beberapa jenis pilihan.
Seseorang yang tegas mengakui bahwa membuat pilihan dengan cara yang positif sering menyebabkan kesuksesan. Setiap pilihan memiliki risiko kegagalan, tetapi setiap pilihan juga menawarkan kemungkinan keberhasilan. Ragu-ragu untuk membuat pilihan dapat menyebabkan masalah atau bahkan bencana. Setelah Anda berkomitmen untuk pilihan, Anda dapat mengambil tindakan dan kadang-kadang mengubah arah untuk mencapai tujuan Anda. Tidak pernah berkomitmen untuk pilihan hampir selalu menghasilkan kegagalan. Menjadi tegas disertai dengan tanggung jawab yang besar. Dengan menjadi orang untuk membuat pilihan, Anda juga orang yang lain mengikuti. Jika pilihan Anda adalah tidak benar, yang lain mungkin menderita. Oleh karena itu, meskipun orang-orang yang tegas dapat membuat keputusan yang cepat, mereka seharusnya tidak membuat mereka tanpa mempertimbangkan risiko terhadap diri mereka sendiri dan orang lain.

Manfaat dari karakter ini:
• Memimpin orang-orang dalam usaha baru.
• Diakui sebagai orang yang kuat dengan kualitas kepemimpinan.
• Menjadi manajer dalam situasi kerja.
• Merasa percaya diri dalam pilihan mereka.
• Pengalaman kurang stres tentang membuat keputusan daripada orang yang lebih
   tegas.

9. Berdedikasi
Orang yang berdedikasi berkomitmen untuk sesuatu yang penting bagi mereka. Komitmen berarti bahwa mereka setia dan akan menghabiskan banyak waktu dan upaya pada hal yang mereka didedikasikan. Beberapa orang mungkin akan didedikasikan untuk penyebab, untuk membantu orang, atau untuk pekerjaan mereka. Orang lain yang didedikasikan untuk hobi seperti tampil di teater komunitas lokal mereka atau menjalankan pasar petani lokal.
Dedikasi melibatkan fokus pada sesuatu yang sangat penting bagi Anda. Seorang seniman mungkin didedikasikan untuk seni nya, seorang penyayang binatang mungkin didedikasikan untuk hak-hak binatang, orang tua didedikasikan untuk anak-anaknya. Dedikasi biasanya melibatkan teratur memikirkan dan bekerja untuk penyebab atau orang. Orang yang berdedikasi sering bergairah tentang hal bagi mereka yang untuk didedikasikan.

Manfaat dari karakter ini:
• Anda dapat mendukung karena suatu alasan seperti membantu orang lain atau
   meningkatkan dunia.
• Anda dapat memperoleh keterampilan yang dapat diterapkan di daerah lain pada kehidupan Anda.
• Anda akan bertemu orang-orang dengan minat yang sama.
• Anda akan merasakan kenikmatan prestasi.
• Anda memiliki fokus dalam hidup Anda yang membuat Anda pergi di masa-masa sulit.

10. Diandalkan
Menjadi diandalkan berarti bahwa jika Anda membuat janji, Anda melakukan apa saja untuk tetap pada janji itu. Anda benci untuk mengecewakan orang lain. Orang diandalkan mungkin tidak mencolok. Mereka sering bergerak di belakang layar untuk memastikan hal-hal terjadi seperti yang direncanakan. Tapi mereka sering orang-orang yang membuat perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan.

Manfaat dari karakter ini:
• Orang-orang mengagumi Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang dilakukan.
• Di tempat kerja, Anda mungkin akan dihargai dengan promosi dan meningkatkan untuk melakukan apa yang Anda janjikan.
• Anda mendapatkan lebih banyak dan lebih percaya diri pada diri sendiri karena Anda selalu melakukan apa yang Anda  mengatakan apa yang Anda akan lakukan.

• Karena orang berharap banyak dari Anda, Anda harus menghindari komitmen berlebih pada sendiri.

No comments:

Post a Comment