Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Tuesday 5 January 2016

Angklung Udjo dan Multikulturalisme

Saung Angklung Mang Udjo,tempat wisata di Bandung, Jawa Barat adalah satu-satunya tempat yang bisa dikatakan sebagai pioneer sekaligus menjadi pusat kesenian tradisional angklung yang menyajikan atraksi pagelaran memainkan Alat musik tradisional yang terbuat dari bambu beserta dengan proses pembuatannya dalam satu kawasan wisata.
Yang menjadi keunggulan pagelaran seni di Saung Angklung Ujo adalah karena selain menampilkan pertunjukan musik Angklung dengan menampilkan lagu-lagu daerah Jawa Barat, ditampilkan pula lagu-lagu modern pop Indonesia, lagu-lagu daerah lain yang ada di Indonesia seperti lagu dari Papua, Jawa, Kalimantan, Sumatra, dan daerah lainnya,  dan bahkan lagu-lagu dari barat atau negara lainnya seperti lagu-lagu dari negara Cina, Jepang, Amerika, Eropa, dan negara lainnya. Dengan pertunjukkan alat musik tradisional angklung, bisa menampilkan lagu-lagu dari daerah lain dan negara lain, inilah mungkin yang menjadikan pertunjukkan musik Angklung di Saung Udjo lebih unggul dibandingkan dengan pagelaran seni di pusat-pusat budaya di daerah lain. Saung Udjo telah mampu menampilkan wujud multikulturalisme di Indonesia, bahkan multikulturalisme di dunia.



gambar: www.angklung-udjo.co.id

No comments:

Post a Comment