Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Tuesday 20 September 2016

Gajah

Gajah adalah binatang mamalia. Ada 2 spesies gajah, yaitu gajah Afrika dan gajah Asia. Gajah tersebar di seluruh Afrika sub-sahara, Asia selatan dan Asia tenggara. Gajah afrika jantan merupakan hewan darat terbesar dengan tinggi yang dapat mencapai 4 meter dan berat 7000 kg.

Gajah memiliki ciri-ciri khusus, yang paling mencolok adalah belalai. Belalai digunakan untuk banyak hal seperti bernafas, menghisap air, dan mengambil benda. Gigi serinya tumbuh menjadi taring yang disebut gading. Gading berfungsi sebagai senjata dan alat untuk memindahkan benda atau menggali.

Gajah afrika memiliki telinga yang lebih lebar dibandingkan gajah asia, daun telinganya yang lebar membantu mengatur suhu tubuh mereka. Gajah afrika memiliki punngung yang cekung sedangkan gajah asia memiliki punggung yang cembung.

Gajah merupakan hewan herbivora yang dapat ditemui di berbagai habitat, seperti sabana, hutan, gurun, dan rawa-rawa. Mereka cenderung berada di dekat air.



Gajah hidup secara berkelompok. 

Perbedaan gajah afrika dan asia
Gajah afrika memiliki telinga yang lebih lebar, punggung yang cekung, kulit yang lebih berkerut, daerah perut yang miring, dan dua perpanjangan yang seperti jari di ujung belalai.



Telinga gajah asia lebih kecil, punggungnya cembung, kulitnya lebih halus, daerah perutnya horizontal dan kadang-kadang melengkung di tengah, dan ujung belalainya hanya memiliki satu perpanjangan. Secara umum gajah afrika lebih besar daripada gajah asia. 



No comments:

Post a Comment