Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Tuesday 27 September 2016

Orangutan

Orangutan adalah sejenis kera besar dengan lengan panjang dan berbulu kemerahan atau cokelat yang hidup di hutan tropika Indonesia dan Malaysia, khususnya di pulau sumatera dan Kalimantan. Orangutan masih termasuk dalam spesies kera besar seperti gorilla dan simpase. Golongan kera besar masuk dalam klasifikasi mamalia. orang utan memiliki ukuran otak yang besar, mata yang mengarah ke depan dan tangan yang dapat melakukan genggaman. Orangutan termasuk hewan vertebrata yang berarti bahwa mereka memiliki tulang belakang.

Orangutan memiliki tubuh yang gemuk dan besar, berleher besar, lengan yang panjang dan kuat, kaki yang pendek dan tertunduk, dan tidak mempunyai ekor. Orangutan memiliki tinggi sekitar 1,25 – 1,5 meter. Tubuh orang utan diselimuti rambut merah kecoklatan. Mereka mempunyai kepala yang besar dengan posisi mulut yang tinggi. Orangutan memiliki indera yang sama dengan manusia, yaitu pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecan dan peraba.

Berat orangutan jantan sekitar 50-90 kg, sedangkan orangutan betina beratnya sekitar 30-50 kg. Orangutan memiliki telapak tangan yang mirip dengan manusia, 4 jari-jari panjang ditambah dengan 1 ibu jari. Telapak kaki mereka juga memiliki susunan jari jemari yang sangant mirip dengan manusia.

Orangutan ditemukan di wilayah hutan hujan tropis asia tenggara, yaitu di pulau borneo dan Sumatra di wilayah negara Indonesia dan Malaysia. Mereka biasa tinggal di pepohonan lebat dan membuat sarangnya dari dedaunan. Orangutan dapat hidup pada berbagai tipe hutan, mulai dari hutan kering, perbukitan dan dataran rendah, daerah aliran sungai, hutan rawa air tawar, rawa gambut, sampai ke hutan pegunungan.


Orangutan termasuk hewan omnivora. Sebagian besar dari mereka hanya makan tumbuhan. 90% dari makanannya berupa buah-buahan. Makanan lainnya berupa kulit pohon, dedaunan, bunga dan juga beberapa jenis serangga. 

No comments:

Post a Comment