Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Friday 10 March 2017

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Menurut skinner (1985) dalam Nugroho dan Priatna (2016:153), belajar merupakan suatu proses adaptasi perilaku yang berkembang terus menerus.

Hakikat belajar ditandai oleh adanya perubahan tingkah laku pada siswa. Menurut Muryati & Kusumaningsih (2011, hlm. 9) Tingkah laku belajar dapat diidentifikasikan sebagai berikut: (1) Perubahannya bersifat konsisten, kontinyu, dan fungsional, (2) Aktivitasnya dilakukan dengan sadar, (3) Perubahan bersifat aktif dan positif, (4) Perubahan bukan merupakan proses kematangan, pertumbuhan, dan perkembangan, dan (5) Perubahan tersebut terarah dan bertujuan.

Suryabrata (1980:19) menyatakan bahwa pembelajaran adalah proses belajar dimana didalamnya terdapat interaksi, bahan dan penilaian. Sedangkan tentang pengertian belajar banyak para ahli pendidikan berbeda-beda dalam memberikan definisi belajar tersebut. Hal tersebut terjadi karena adanya perbedaan dalam mengidentifikasi fakta serta perbedaan dalam menginterprestasikannya. Dalam pembelajaran di kelas guru mengajarkan Bahasa Indonesia sesuai dengan tuntutan kompetensi dasar dan standar kompetensi yang telah ditentukan.


No comments:

Post a Comment