Al-Israa:36

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"In the name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful"



Friday 10 March 2017

Tujuan Menulis Deskripsi

Menurut Keraf (1981: hlm, 95-96), berdasarkan tujuannya, tulisan deskripsi dibedakan menjadi dua macam deskripsi, yaitu deskripsi sugestif dan deskripsi teknis atau deskripsi ekspositoris.
Dalam deskripsi sugestif, penulis bermaksud menciptakan sebuah pengalaman pada diri pembaca, pengalaman karena perkenalan langsung dengan objeknya. Pengalaman atas objek itu harus menciptkan sebuah kesan atau interpretasi. Sasaran deskripsi sugestif adalah dengan perantaraan tenaga rangkaian kata-kata yang dipilih oleh penulis untuk menggambarkan sifat, ciri dan watak dari objek tersebut, dapat diciptakan sugesti tertentu pada pembaca.  Deskripsi sugestif berusaha untuk menciptakan suatu penghayatan terhadap objek tersebut melalui imajinasi para pembaca. Deskripsi ekspositoris atau deskripsi teknis hanya bertujuan untuk memberikan identifikasi atau informasi mengenai objeknya, sehingga pembaca dapat mengenalnya bila berhadapan atau bertemu dengan objek tersebut. Penulis tidak menciptakan kesan atau imajinasi pada diri pembaca.
            Menurut Perutz (2010, hlm. 14) tujuan dari tulisan deskripsi adalah: (1) untuk menjelaskan kejadian, (2) untuk menjelaskan ciri-ciri atau karakteristik dan fungsi, dan (3) untuk meringkas poin-poin yang utama.
            Huy (2015, hlm. 55) menyatakan tujuan dari tulisan deskripsi adalah untuk mengkreasi ulang atau menjelaskan secara visual tentang seseorang, tempat, kejadian, atau kegiatan sehingga pembaca dapat membayangkan hal yang dijelaskan oleh penulis.

            McLean (2012, hlm. 495) menyebutkan tujuan tulisan deskripsi adalah untuk meyakinkan pembacanya agar terbenam dalam kata-kata yang ada dalam tulisan. Dalam tulisan deskripsi, penulis harus menggambarkan objek yang dijelaskannya sehingga semua panca indera pembaca seperti penglihatan, pendengaran, pengecap, penciuman dan sentuhan dapat terlibat.

No comments:

Post a Comment